tanyakenapa: Sejarah Amatir Radio di Indonesia <body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d29248752\x26blogName\x3dtanyakenapa\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLACK\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://my-copypaszte.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://my-copypaszte.blogspot.com/\x26vt\x3d3996447949330406692', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>


tanyakenapa

cobain
news
hariinitanggal berapa ya?
menurut jammerz
free polls lagu yng seru di puter di jamzfm buat format anak muda apa?
rock aja
pop aja
jazzy
hip hop
semuanya seru

online poker
Quotation of the Day




Express Yourself LIVE


Click Here to View Random Post

Buka Semua Folder | Tutup Semua

Sejarah Amatir Radio di Indonesia
Saturday, May 05, 2007
Sejarah Amatir Radio di Indonesia

Kegiatan Amatir radio merupakan kegiatan orang-orang yang mempunyai hoby dalam bidang tehnik transmisi radio dan elektronika, kegiatan ini sudah ada sejak tehnik transmisi radio ditemukan dan karena kegiatan ini menggunakan disamping peralatan juga media spektrum gelombang elektro magnetik yang menyangkut kepentingan kehidupan manusia dalam alam semesta ini maka, kegiatan ini disahkan, diatur dan diawasi secara global baik oleh Badan2 telekomunikasi international ITU & IARU maupun oleh badan telekomunikasi nasional disetiap negara.

Para amatir radio sedunia sadar bahwa kegiatan ini harus dilakukan secara tertib dan benar menurut kaidah hidup manusia dan peraturan yang berlaku secara internasional dan nasiona,l oleh karena itu dalam melakukan kegiatannya mereka mempunyai dan berlandaskan KODE ETIK AMATIR RADIO.

Demikian juga di Indonesia kegiatan Amatir radio sudah ada sejak awal abad ke 20. Semasa perang kemerdekaan RI para amatir radio di Indonesia juga aktive berjuang dengan peralatan dan keahliannya. Mereka bergabung didalam wadah Persatoean Amateur Repoeblik Indonesia (PARI). Namun dizaman ORLA sehubungan dengan diberlakukannnya SOB kegiatan ini dilarang.

Terbentuknya Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia Nara Sumber: RAJ Lumenta, Engkus, Herry Sembel, Hasan Koesoema Ardiwinata, MI Khadja, Willy A. Karamoy,

Terbentuknya orari boleh dikata berawal di Jakarta dan Jawa Barat atau pulau Jawa pada umumnya dan diprakarsai oleh kegiatan aksi mahasiwa , pelajar dan kaum muda, diawal tahun 1965 sekelompok mahasiwa publistik yang tergabung dalam wadah KAMI membentuk radio siaran perjuangan bernama Radio Ampera, mulai saat itu juga bermunculanlah radio siaran lainya seperti Radio Fakultas Tehnik UI, Radio Angkatan Muda, Kayu Manis, Draba dll. Sudah tentu semua radio siaran itu merupakan siaran yang tak memiliki izin alias Radio gelap. Sadar karena semakin banyaknya radio siaran bermunculan yang memerlukan suatu koordinasi demi tercapainya perjuangan ORBA maka dibentuklah pada tahun 1966 oleh para mahasiwa suatu wadah yang diberi nama PARD (Persatuan Radio Amatir Djakarta) diantaranya terdapat nama-nama koordinatornya seperti Willy A Karamoy. Ismet Hadad, Rusdi Saleh ……dll. Dan di Bandung terbentuk PARB. Bagi anggota yang hanya berminat dalam bidang teknik wajib menempuh ujian tehnik dan bagi kelompok radio siaran disamping perlu adanya tehnisi yang telah di uji juga wajib menempuh ujian tehnik siaran dan publisistik. Setelah itu kesemuanya diberi callsign menggunakan prefix X, kode area 1 s/d 11 dan suffix 2 huruf sedangkan huruf suffix pertamanya mengidentifikasikan tingkat keterampilannya A s/d F seperti X6AM, X11CB dsb sedangkan untuk radio siaran diberi suffix 3 huruf.Pada mulanya PARD merupakan wadah bagi para amatir radio dan sekaligus radio siaran . Sehingga pada saat itu secara salah masyarakat mengidentikan Radio amatir sebagai radio siaran non RRI. Karena adanya Tingkatan keterampilan, PARD saat itu juga menyelenggarakan ujian kenaikan tingkat.

Disamping itu terdapat juga para Amatir era 1945-1952 yang tergabung dalam PARI (Persatoean Amatir Repoeblik Indonesia 1950), diantaranya terdapat nama - nama , Soehodo †. (YBØAB), Dick Tamimi †. (YBØAC), Soehindrio (YBØAD), Agus Amanto † (YBØAE), B. Zulkarnaen †. (YBØAU), Koentojo † (YBØAV) dll. Diantara mereka ternyata ada juga yang menjadi anggota PARD seperti, (YBØAE) dan (YBØAU).

Penertiban.

Demi ketertiban pemakaian frekwensi di Jakarta pada pertengahan 1967 atas prakarsa bapak Bambang Soehardi † selaku Ka Hubdam V Jaya diberlakukan wajib daftar bagi setiap Amatir radio dan broadcaster diHubdam V Jaya dengan rekomendasi dari PARD dan masa berlakunya surat tanda pendaftarannya adalah 3 bulan.(Surat tanda Daftar baru keluar ± bulan Juni 1968)

Pada Akhir tahun 1967 atas prakarsa Dr. Rubiono Kertopati † (salah satu perintis Lembaga Sandi Negara) selaku ketua Dewan Telkomunikasi, Koentojo † (YBØAV) selaku Sekretaris Dewan TelKom dan bapak Soerjadi † (YBØAZ) selaku Ka HubAd telah diundangkan Peraturan Presiden No. 21 yang mengatur Kegiatan Amatir radio di Indonesia.

ORARI NASIONAL

Atas dasar PP21/1967 pada tanggal 9 Juli 1968 dilingkungan Sekretariat Negara pada waktu itu dan tanpa kesibukan yang menonjol dengan dihadiri sejumlah calon anggota yang berdomisili terutama di pulau Jawa, terbentuklah ORARI dan praktis pada awalnya hanya mencakup pulau Jawa yang terdiri atas 4 Regio yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ketua ORARI Nasional dijabat oleh Bapak Koentoyo † (YBØAV). Dengan terbentuknya Wadah yang sah ini maka, para Amatir merasa lega karena bisa secara sah melakukan kegiatannya. Tenaga penguji di Dewan Telkom saat itu sangat terbatas dan hanya diperuntukan untuk menguji calon Operator dan Markonis radio maka, Dewan belum mungkin menyelenggarakan ujian untuk calon anggota ORARI dan untuk kebutuhan ini ORARI diberi wewenang sementara untuk menyelenggarakan sendiri ujian Amatir bagi calon anggotanya. Dan untuk mengurus keperluan perizinan seluruh anggota ORARI telah ditunjuk wakil tetap ORARI di Dewan Telekomunikasi RI. Yakni Herry Sembel (YBØBR) dan Hasan Koesoema (YBØAH).

Dengan terbentuknya ORARI maka terjadilah masa transisi dalam meletakan istilah Amatir pada tempatnya, terutama dimasyarakat dan bahkan banyak diantara pengurus terutama didaerah masih mengidentikan kegiatan Amatir radio dengan Radio siaran non RRI. Hal ini terlihat dengan adanya radio-radio siaran dan badan-badan usaha yang melegalitaskan kegiatan siaran/ komunikasi usahanya dengan merekrut anggotanya menjadi anggota ORARI. Untuk mempersingkat masa transisi ini dan mencegah jangan adalagi suatu badan radio siaran atau badan lainnya mengajukan permohonan menjadi anggota ORARI maka pada Bulan Februari 1969 Bapak Koentoyo selaku Sekretaris Dewan Telekom menugaskan Bapak Engkus selaku staff Dewan Telekom dan Hasan Koesoema selaku wakil tetap ORARI di Dewan Telekom untuk memberikan pengarahan pada pembina dan pengurus ORARI di Jawa tengah dan Jawa Timur. Dari hasil pengarahan dan pengamatan ternyata Jawa tengah Bapak Imam Poerwito selaku Kahubad Kodam Diponegoro dan selaku ketua ORARI sudah sejak awal membuat langkah - langkah antisipasi sepert melakukan screening calon anggota dengan ketat melalui ujian dan ini dibuktikan dengan terdominasinya kegiatan ORARI Semarang oleh anggota-anggotanya yang melakukan kegiatan amatir tulen, seperti pemancar rakitan sendiri kegiatan QSO sebagainya. Namun di jawa timur baru setelah diberikan pengarahan pembina ORARI Bapak Telwe baru menyadari akan pandangannya yang keliru tentang kegiatan amatir radio.


ORARI DKI Jakarta

Terbentuk ORARI DAERAH KHUSUS IBUKOTA (ODJ) dan anggotanya terdiri atas mereka yang tergabung dalam PARI dan PARD, dengan ketua Willy A. Karamoy † (YBØBV) , Dibantu aktivis lainya seperti M.S. Tamimi † (YBØAC), Soehindriyo (YBØAD), B. Zoelkarnain † (YBØAU), Soetikno Boechari (YBØAG), Hasan Koesoema (YBØAH), John H. Kertayasa † (YBØAR), Herry Sembel (YBØBR), RAJ Lumenta † (YBØBY) dan lainnya. ODJ secara praktis mewakili daerah lainnya di Dewan Telekomunikasi. Kegiatan ujian diketuai oleh Soetikno Boechari (YBØAG), bahan ujian meliputi teori / praktek bidang tehnik dan Operating procedures / CW. Dan kegiatan ujian dilakukan 1 bulan sekali. Sampai saat ini kengurusan ODJ sudah beberapa kali berganti diawali dengan Willy A. Karamoy † (YBØBV), Soewondo † (YBØAT), M.I. Khadja (YBØBU), Barata † (YBØAY), T. Zulkarnaen (YBØBZT) dan Sugeng Supriatna - (YCØSGF) Pada masa kepemimpinan YBØBU terjadi booming anggota sekitar tahun 1978, banyak anggota masyarakat mendadak ingin menjadi anggota bahkan dengan segala cara dan karena adanya juga anggota yang vested interes terjadilah krisis berupa usaha menjatuhkan pengurus ODJ dan syukur berkat asaz musyawarah dan mufakat diantara aktivis, krisis tsb dapat diatasi dengan baik. Dan setelah itu pula penyelenggaraan ujian diserahkan kepada Departemen Telekomunikasi.

Jawa Barat, Bandung

Di Jawa barat pada awalnya bermula di Bandung dengan wadah PARB (Persatuan Amatir Radio Bandung) yang kemudian berubah menjadi PARI yang meliputi seluruh Jawa Barat dan kemudian berubah menjadi ORARI Regional 1 dengan ketua Tom Patah †. (YB1ZA) yang dibantu oleh pengurus lainnya seperti Yos Urbanus Kaseger †. (YB1AG), Ikin Mansur (YB1AB), Robin Kain † (YB1KW), Darya † (YB1CR), Soeyoto † (YB1AY), Moehartono † (YB1PG) dan lainnya.

Jawa Tengah

Anggotanya terdiri atas mereka yang tergabung dalam PRAI dengan Imam Poerwito (YB2AB) sebagai ketua dibantu aktivis lainnya seperti Djahari (YB2AG), Soeyono † (YB2AU) dll

Jawa Timur

Orari terbentuk dengan pembina Bapak Telwe , Ketua Soegeng Soenarjo (YB3AB), dibantu oleh Putu Wijaya (YB3AD), Wilson (YB3DC), Soepardi (YB3DD) dan lainnya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_ORARI

Labels:

teman sedang online posted by Ary Hamzah @ 9:22 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home

TemplatePanic|Blogger|freeflash| reallifeblog| hooverwebdesign| bloghop| scrtips| templatehunter| blogtoplist| globo| cwd| coolhomepages| bravenet| cutandpaste| opensource| freesite| freegraphics| cliparts| animationlibrary| Aspindo| bengkel web| google keywords free blog template blogcrowds| bloggapedia| templateworld| avivadirectory| qesign| templateworld| 2createawebsite| suite101| newsgator| webclipart| ecmanaut| chasethestars| darjanpanic| nukew| blogger-templates| freeblogspottemplates| klariti| pkblogs| pinkfreak| 2girlsdesign| blogsgonewild| freeblogspottemplates| Jogja Jogja| Taman Siswa| Hotel Condo Resort| Easy Light Digital| Indonesian Topblogs| Jogja City| Craft and Furniture| Sexy Woman Lingerie| Jogja Ponsel| Pertambangan| Song Music Lyric| Momoy| Fast User| Wikipedia| schwebdesigns| Wordpress| destyni| webmasterCentral| Voipuser| getfreesoft| Plus2net| harunyahya| bicaraIndie| indieassosiasi| Indiebandung| Lalight| Laligt| WikipediaROCK| TrullyJogja| dikidotordotid| Dreamweb| suamigila| istribawel| importmusic| winnerweb| blackv istribawel| songmusiclyric| andreastemplates| problogger| bloggertemplates| wannabegirl| parablogger| bloggerdotbr| generator| templates| snap| techcrunch| registersnap| clictone| freedownload| sothink| soft32| forsitekbrawijaya| hidayatullah| wantbest| toolbx| actionchat| chatteronline| TemplatePanic| Blogger | freeflash| reallifeblog| hooverwebdesign| bloghop| scrtips| templatehunter| blogtoplist<| globo| cwd| coolhomepages| bravenet| cutandpaste| opensource| freesite| freegraphics| cliparts| animationlibrary| Aspindo| bengkel web| panduan pake adobe photoshop adobe photoshop| adobe photoshop| bengkel web| adobe photoshop| adobe photoshop| adobe photoshop| adobe photoshop| adobe photoshop| adobe photoshop| adobe photoshop| panduan bahasaTataBahasa| Tslang| about yagi antena whatsantena| wajanholic| yagi| yagi| yagi| 8-an| TemplatePanic|Blogger|freeflash| reallifeblog| hooverwebdesign| bloghop| scrtips| templatehunter| blogtoplist| globo| cwd| coolhomepages| bravenet| cutandpaste| opensource| freesite| freegraphics| cliparts| animationlibrary| Aspindo| bengkel web| google keywords free blog template blogcrowds| bloggapedia| templateworld| avivadirectory| qesign| templateworld| 2createawebsite| suite101| newsgator| webclipart| ecmanaut| chasethestars| darjanpanic| nukew| blogger-templates| freeblogspottemplates| klariti| pkblogs| pinkfreak| 2girlsdesign| blogsgonewild| freeblogspottemplates| google keywords engglish grammar a4es1| bla3x| google keywords free blogger templates adsenseblogthemes| webzonetemplates| delastinvasion| templatesuperstore| simplebits| kaboodle| betabloggerfordummies| radiofreeblogistan| juglar103| jnoypi| blogplates| blogger-tricks| gevkaffeegal| bluedot| ajangkita| bluedot| topblogarea| google keywords english slang peevish| manythings| world-english| world-english| coolslang| peakenglish| notam02.no| wikipedia| aldertons| coolslang| voanews| google keywords english vocabulary manythings| languageguide| manythings| englishpage| a4esl| nonstopenglish| google keywords teen slang bbc teen slang| lexicon| pkblogs| urbandictionary| google keywords is make free banner bannerbreak| webmasterpaste| coder| abcbanners| animationonline| abcbanners| animationonline| google keywords favicon generator antifavicon| html-kit| favicongenerator| dagondesign| favicongallery| favicongallery| jrputra.blogspot| dagondesigntool| muhadlydotinfo| google keywords javascript collection javascriptinternet| webteacher| inspire| google keywords template parablogger parabloggers| google keywords templates thetemplatestore| google keywords empatmata v| google search engine keywords stereo fm transmitter schematics 80 Watt FM stereo broadcast transmitter| 3 Watt FM Transmitter| educypedia| fmamplifiers| fm-transmitter| google search engine keywords scriptmania scriptmania| google search engine keywords create add comment scriptmania| allgraphicdesign| google search engine keywords free flash counter rightstats| google search engine keywords generator darkestpoint| google search engine keywords freebanner bannercreator| free-banners| animationonline| atomicarts| animationonline| 123banners| leejoo| freebannersandbuttons| google search engine keywords Pemancar FM 12 Watt bagian II fmtransmitter| fmtransmitter| crew-smartfm| pikiran-rakyat| google keyword friendster edit edittag| bintangmerah| pimp| warnetwordpress| editfriendsterkamu| layout| google search engine keywords free blogger templates isnaini| problogger| bloggertemplate| bestfreetemplate| free| webpublish| zaventina| how to make| free| pagegoogle|
Forum

Gabung yuk di Forumku

Previous Post
Archives
Links



sejak counter ini dipasang


Who links to me?
KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia
Template by

Free Blogger Templates

jamzfm40
01 Ooh LA
the Kooks
02 9 Crimes
Damien Rice & Lisa Hannigan
03 Judy The Pipettes 04 Take A Chance The Magic Numbers 05 Learn To Live With what You Are Ben Folds 06 Down & Dirty Arrested Development 07 Wind It Up Gwen Stefani 08 Unexpected Tom Novy 09 Never Even Told Me Her Name Air Traffic 10 Nothing's Going To Change Your Mind Badly Drawn boy 11 Not Good At Saying Sorry The Early November 12 Portrait Duke Special 13 Watching You Rogue Traders 14 Runaway Jamiroquai 15 Rewind Paolo Nutini 16 Munich Editors 17 Love You Lately Daniel Powter 18 Martyr Depeche Mode 19 Promise Clara 20 Oh! Gravity Switchfoot 21 Imagine Me Kirk Franklin 22 Daddy's Little Girl Frankie J 23 Here Hellogoodbye 24 360 Josh Hoge 25 You And I Are A Gang Of Losers The Dears 26 Right Where You Are Amp Fiddler 27 Can't Let Go Landon Pigg 28 Pullin Me Back Chingy Ft. Tyrese 29 Sea Of Trouble Cord 30 Used To Be My Girl Brian Mcknight 31 Anina Molly Incubus 32 Too Little Too Late Jojo 33 Window In The Skies U2 34 Rock Steady All Saint 35 Kill 100 X-Press 2 36 Take Control Amerie 37 You Are Loved Josh Groban 38 Big City Concrete Wildflowers
Term
39 Congratulations
Blue Oct Ft. Imogen Heap 40 Much Has been Said
Bamboo
41 40 Days And 40 Night
The Enemy

friendster Yoon Eun HYE| Phoebe marinez| Briana| tantry| babby|

HTML Basic
HTML HOME
HTML Introduction
HTML Elements
HTML basic
HTML Formating
HTML entities
HTML links
HTML frames
HTML tables
HTML list
HTML forms
HTML images
HTML background
HTML colors
HTML values
HTML names

HTML quick

HTML Advanced
HTML layout

HTML fonts

HTML 4.0 Why
HTML styles
HTML head
HTML meta
HTML url
HTML scripts
HTML attributes
HTML events
HTML URL-encode
HTML webserver
HTML summary

Examples/Quiz
HTML examples
HTML quiz
HTML exam

References
HTML tag list
HTML attributes
HTML events
HTML colornames
HTML ASCII
HTML Entities
HTML URL-encodes
HTML messages>
Selected Reading
web statistic>
web glossary>
web hosting>
web quality>
web school forum>
web3school>